Rabu, 08 Oktober 2008

Intrik dan Interogasi

Salah satu bagian yang menyenangkan dari berlebaran tentu kumpul bareng keluarga besar, entah dari bapak atau ibu. Bersua sepupu dekat dan sepupu jauh yang lama gak bertemu, ngemong ponakan kecil yang makin lucu aja, rasanya berbeda kalau dalam nuansa lebaran. Tapi baca dari blognya nona doti ini, jadi inget bagian yang..gimana ya...ya nyebelin, tapi khas banget dari sebuah pertemuan keluarga besar. Sebagian memang saya alami sendiri, sebagian lagi mah dari cerita temen-temen.

Pertama, terlalu banyak 'intrik' gak penting. Bagian ini emang rada-rada nyebelin.
Intrik gak penting... mulai dari membangga-banggakan keberhasilan masing-masing yang belum tentu bener. Contoh keberhasilan mulai dari mobil baru, tanah baru, rumah baru, baru semua..baru ngambil kreditan maksudnya..hehe. Atau prestasi anaknya padahal anaknya sendiri pun ngerasa itu prestasi gak penting. Misalnya, "Eh anak saya udah bisa naliin sepatu sendiri loh!". Pokonya gimana cara keliatan lebih bagus dari saudara yang lain, at any cost..
Trus ada acara ngobrol-ngobrol yang ujungnya malah ngomongin saudara yang ngga dateng ato saudara jauh yang baru datang berkunjung. "Eh tau gak, si X teh nya, di bandung na mah....dst". Wah udah tuh mulai tanda-tanda bakal panjang obrolannya.
Lebih parah sampai ada kegiatan menyusun rencana bagi-membagi warisan padahal yang mo ngasih warisannya masih sehat walafiat. Amit-amit sejuta topan dodol!
Yah buat anak-anak ingusan "di bawah umur" macam saya kadang cuman kebagian jadi pendengar setia. Paling pada ngabur nungguin tukang baso lewat depan rumah, ato patungan beli Es krim Vienetta. Slurrp!
Biarkan yang tadi jadi urusan "orang berumur", contoh gak penting dari "orang berumur" yang gak dewasa-dewasa. yuuuu mariiiii...

Kedua, interogasi berulang.
Nah klo ini mah yang paling sering saya alami. Tapi kayanya pasti pada pernah ngalamin lah ya. Biasalah, dicecar dengan pertanyaan, persis mirip sidang S1 di FA ITB dulu.
Yang nyebelin ialah pertanyaannya standar, dan buat kita yang jawab merasa BT karena harus berulang-ulang ngejawab pertanyaan yang sama untuk saudara yang berbeda. Dodolnya, gak bisa dijawab pake kaset rekaman yang bisa direwind macam iklan TV "...di rumah, tidur, sendiri"
Nah, kalau dirunut per fase hidup saya, kira-kira skema pertanyannya kaya gini kali ya..
Jaman masih SD : Sekolahnya kelas berapa?> di SD mana?> kemaren rangking berapa?> iiih meni pinter nya..gimana cara belajarnya> trus ntar udah gede pengen jadi apa? -ini mah masih ok-..
Jaman SMP-SMA : Gak jauh beda ama di SD, tapi ada tambahan..punya pacar blm aa?> pacarnya anak mana?> blum lagi klo ada statement.... eh alit2 ge geuning tos SMP nya (secara penampakan saya emang imut2) -ok, ini mulai mengganggu-
Jaman Kuliah: Masih sekolah atau sudah kuliah?> pasti bakal disela lagi dengan statment eh alit2 ge geuning tos kuliah nya (sabar pin, sabar)> pertanyaan berlanjut..kuliah dimana?> wah hebat masuk ITB> ngambil jurusan apa?> tingkat berapa?> dan akhirnya pertanyaan yang paling saya benci pas lagi ngerjain TA.. kapan lulus nya aa? - Ok, ini sudah mengganggu..pliss deh, ga gampang tau ngerjain TA tuh!-
Jaman sekarang: Masih kuliah atau udah kerja? ooo udah lulus, kerja dimana?> klo lagi sial mulai nanya-nanya pendapatan etc tapi biasanya langsung ke Question of the year.. iraha bade nikah a? tos aya calon? (red sunda ; kapan mau nikah? sudah ada calon?)...cape deh!
Oya, klo lebaran sekarang mah spesial pertanyaan diseputar kecelakaan motor saya, secara si mamah dengan gak bosan2nya cerita, tapi tetep saya yang harus ikut nimbrung dan meluruskan sedikit-sedikit biar gak terlalu lebay ceritanya.

Biar lah memang semua ada plus minusnya, pokonya mah bersyukur masih banyak saudara.
Secara -hubungan- darah memang lebih kental daripada air.. vampire kaleee

2 komentar:

Fendrri mengatakan...

hehe, bisa pake persepsi macem2 pin. Bersyukur bisa kumpul2 sama keluarga, atau bersyukur dicoba olehNya dengan pertanyaan2 yang bisa buat jadi orang yang lebih sabar. hehehe. :D

tendy mengatakan...

hahaha, sama pisan, tapi ada pertanyaan baru tahun ini mah bwt saya, sareng orang mana? yang ama ibu langsung dijawab, "ah budak ieu mah, hese pisan, sibuk wae!" hahaha, padahal ibu ga tau anaknya sudah babak belur